Tips Merawat Dompet Kulit Agar Lebih Tahan Lama

Leather goods, terutama yang handmade, kini semakin disukai banyak orang, termasuk dompet kulit. Tidak heran jika kini banyak ditemukan berbagai dompet kulit dari berbagai jenis kulit. Karena tidak hanya menarik, dompet kulit juga dapat menimbulkan kesan mewah dan elegan.
Tapi di atas semua itu, satu keunggulan yang sangat berguna dari dompet kulit adalah daya tahannya. Ya, barang leather goods memang dikenal kuat dan awet sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan benda serupa berbahan dasar berbeda. Tapi meskipun terkenal kuat dan tangguh, jika tidak dirawat dengan benar, bukan tidak mungkin dompet kulit yang kamu punya akan cepat rusak.
Semua akan kembali lagi ke caramu merawat dompet kulit tersebut. Perawatan yang tepat akan membuat dompet kulitmu semakin awet dan selalu dalam keadaan sempurna. Sebaliknya, kalau caranya salah, bisa saja dompet kulitnya cepat rusak. Berikut adalah beberapa tips tepat yang bisa kamu terapkan dalam perawatan dompet kulit handmade ataupun pabrikan.
Baca juga: Dompet kulit handmade pria keren yang menyempurnakan penampilan maskulinmu

1. Perhatikan isi dompet

merawat-dompet-kulit-handmade-4
Sumber: Tokopedia
Dompet kulit maupun pabrikan biasanya dibuat dengan cara dipresisi pada material utamanya. Karena itulah, kamu harus memperhatikan isi dompet kulitmu agar presisinya tetap terjaga.. Memperhatikan isi dompet juga penting karena berpengaruh terhadap bentuk dompet kulit tersebut.
Intinya, pastikan dompet kulitmu selalu terisi. Tapi jangan sampai kamu juga mengisinya terlalu banyak. Ini paling sering terjadi dan dilakukan oleh pria dengan dompetnya. Padahal, terlalu banyak benda di dalamnya dapat membuat dompet kulitmu menggembung dan sulit untuk kembali ke bentuk asal.
Lalu, ketika kamu memutuskan menyimpan dompet kamu, isi dompetnya dengan sesuatu. Contohnya kamu dapat mengisinya dengan silica gel disarankan agar dompet kulitmu tidak berubah bentuk pula.

2. Simpan di tempat teduh dan sejuk

merawat-dompet-kulit-handmade-3
Sumber: AliExpress
Kamu mungkin tidak selalu membawa dompet kulitmu kapanpun dan di manapun. Mungkin ada saatnya kamu menyimpannya atau memakai dompet lain yang lebih sesuai dengan kegiatannya. Pada saat menyimpan dompet kulit yang tidak dipakai ini, ada hal yang harus kamu perhatikan.
Pastikan kamu menaruh dompet kulit kesayanganmu itu dalam tempat yang teduh dan sejuk. Barang-barang berbahan kulit pada umumnya tidak cocok disimpan di tempat yang terlalu lembap ataupun terlalu kering karena dapat berpengaruh pada tekstur dan warna kulitnya. Jangan juga menyimpan dompet kulitmu dalam kantong plastik sebab itu hanya membuat dasar kulit di dompet menjadi kering dan mudah mengelupas nantinya.

3. Jauhkan dari air

merawat-dompet-kulit-handmade-1
Sumber: Osberg Leather
Dompet kulit memang keren jika dibawa ke mana-mana karena memberikan kesan mewah. Tapi, sebaiknya kamu juga memperhatikan lokasi bepergianmu sebelum memutuskan hendak membawa leather goods yang satu ini. Apabila kamu akan pergi berpetualang yang sangat mungkin bersentuhan dengan air, lebih baik buang jauh-jauh niat kamu membawa dompet kulit.
Bahan kulit tidak cocok dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan air. Sebisa mungkin hindari dompet kulitmu dari kontak langsung dengan air. Hal ini karena jika terkena air, warna kulit dompetmu dapat memudar.

4. Hilangkan noda dengan baby oil

merawat-dompet-kulit-handmade-2
Sumber: Gulalives
Saat memakai dompet kulit, ada saja kemungkinan benda tersebut terciprat noda ataupun masalah lainnya. Jika kamu pernah menemui masalah ini, kamu harus membersihkannya dengan hati-hati agar dompet kulitnya tidak rusak. Cara yang aman untuk mengatasi noda di dompet kulitmu adalah membawanya ke toko yang ahli menangani hal tersebut, bisa saja ke produsen atau pengrajinnya langsung.
Tapi, jika kamu tidak bisa pergi ke toko ahli, kamu dapat membersihkannya sendiri dengan baby oil. Caranya, tuangkan sedikit baby oil permukaan yang terkena noda. Usapkan dan tekan secara perlahan hingga noda tersebut terlihat memudar. Sebisa mungkin usapan tersebut searah dengan arah serat dari kulit. Setelah selesai, kamu dapat mengeringkan bekas baby oil tersebut menggunakan kain atau tisu kering yang lembut.
Meskipun cukup praktis dan bisa dilakukan sendiri, sebaiknya kamu tidak terlalu sering mempraktikkannya. Pembersihan semacam ini bisa dilakukan dalam 2-3 tahun sekali agar material kulit tidak terkelupas.

5. Setrika dompet yang berkerut

Karena sering dibawa pergi ke mana-mana, dompetmu mungkin akan penuh kerutan akibat genggaman ataupun hal lainnya. Jika menemui masalah ini, kamu tidak perlu khawatir sebab nantinya kerutan tersebut akan hilang dengan sendirinya, meskipun memerlukan waktu yang cukup lama.
Apabila kamu termasuk orang yang tidak sabaran dan ingin segera melihat kulit dompetmu kembali mulus, ada satu cara yang bisa dilakukan, yaitu menyetrikanya. Tapi ingat, kamu tidak bisa asal menyetrika dompet kulit. Ada trik yang mesti dilakukan agar dompet kulitmu tidak terkelupas ataupun menjadi kering.
Supaya dompet kulit kamu aman untuk disetrika, sebaiknya kamu mengalasinya dengan kertas cokelat saat hendak melakukannya. Ini agar panas dari setrikaan tidak langsung menyerap pada dompet kulitmu. Selain itu, temperatur setrikaan juga harus diperhatikan. Ggunakan temperatur untuk bahan rayon. Dengan begitu, kamu bisa mulai menyetrika dompetmu yang kusut dengan menekannya di bagian yang ingin dikembalikan bentuknya seperti semula.

Merawat dompet kulit itu gampang-gampang susah. Tapi, jika kamu memang ingin dompet kulit kesayanganmu awet dan selalu dalam kondisi prima, berbagai tips di atas dapat menjadi petunjuk buat kamu dalam merawat dompet kulit. Perawatan yang baik tentunya akan membuat hasil yang baik pula sehingga kamu tidak perlu terlalu sering menggonta-ganti dompet kulitmu.

sumber wadezig / qlapa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dompet Kulit STNK

Daftar Link Blogspot bagus